Inilah 7 Penyebab AC Tidak Dingin Jadi Segeralah Melakukan Instalasi AC Central

Diari Urepunante - Sepertinya dampak pemanasan global sudah mulai dirasakan, bahkan di daerah-daerah yang beberapa waktu sebelumnya terasa sejuk dan dingin, maka pada waktu ini sudah mulai terasa panas. Jika AC anda tidak dingin sebaiknya anda melakukan instalasi AC Central yang langsung menyebarkan suhu sesuai yang anda inginkan.


Akan tetapi, tidak hanya iklim cuaca yang menyebabkan suhu panas meningkat, melainkan juga disebabkan padatnya area perumahan sehingga tidak banyak celah bagi angin untuk sirkulasi ke dalam rumah.

Keperluan penyejuk udara terlebih ketika cuaca panas semakin meningkat, terlebih di daerah kota-kota besar. Walaupun persoalan AC cenderung gampang untuk diperbaiki dan tidak perlu biaya yang terlalu besar, tetapi tetap saja akan sangat mengganggu apabila sering terjadi.

Salah satu masalah yang paling sering dialami yaitu, jika penyejuk ruangan yang anda miliki tidak bisa memberi udara sejuk sebagaimana yang seharusnya. Terdapat beberapa sebab AC di rumah tidak sejuk, berikut diantaranya.

1. Desain Sistem yang Tidak Benar

Pada saat kita memesan AC, kita wajib untuk memikirkan seberapa besar ruangan yang akan dipasang AC.

Anda harus mengetahui perhitungan tertentu mengenai besar ukuran kamar serta keperluan pendingin ruangan yang sesuai. apabila anda tidak dapat mengira-ngira mengenai masalah tersebut, anda dapat bertanya kepada ahli (tukang AC) atau kepada penjualnya.

Karena, apabila anda memesan penyejuk ruangan yang terlalu kecil dengan BTU rendah, maka tidak akan cocok apabila anda memasangnya di ruangan yang sedikit agak lebar. Misalnya, ruangan berukuran 4 x 5 m sangat ideal apabila diberikan AC 1,5 PK. Sedangkan ruangan yang lebih kecil contohnya 3 x 4 m biasanya hanya membutuhkan kurang lebih 6.000 hingga 7.000 BTU saja. Berarti ruangan itu bisa didinstal AC dengan kemampuan 3/4 PK.

Jika ruangan yang anda miliki berukuran kecil, alangkah baiknya hindari menginstal AC dengan PK terlalu besar karena justru akan mengakibatkan ruangan menjadi sangat dingin dan berdampak rasa kurang nyaman.

Selain dari pada itu, AC dengan PK besar juga membutuhkan energy yang lebih besar dibandingkan AC PK kecil, sehingga tagihan listrik akan naik.

2. Faktor Iklim

Cuaca sangat berdampak pada dingin dan tidaknya ruangan. Walaupun anda baru saja menginstal AC baru. Pada saat malam, kondisi cuaca condong lebih dingin sehingga AC bisa bekerja optimal. Sedangkan ketika waktu siang terutama ketika suasana sangat terik dimana dinding serta atap rumah berubah menjadi panas, maka kinerja AC akan menurun. Apabila AC tidak dapat memberikan udara dingin, anda bisa menurunkan suhunya.

3. Keadaan Ruangan

Kondisi ruangan sangat berpengaruh. Jika ruangan tersebut langsung terkena sinar matahari serta temboknya terbuat dari campuran semen dan pasir, tanpa ada tambahan kapur, kemungkinan besar ruangan tersebut akan terasa sangat panas. Kapur memang dapat berdampak dinding kurang kuat namun sangat bermanfaat untuk memberikan rasa cukup dingin.

Selain itu, jika kamar atau ruangan tersebut mempunyai banyak jendela yang terkena panas matahari secara langsung, terutama jika jendela kaca bening, maka sudah dapat dijamin bahwa panas yang terdapat di dalam kamar akan meningkat beberapa kali lipat disbanding dengan ruangan yang jendela kacanya tidak terpancar panas matahari lansung.

4. Jumlah Orang di Dalam Ruangan atau Kamar

AC bisa menjadi tidak dingin jika penghuni yang berada di kamar atau ruangan tersebut terlalu banyak. Seorang dewasa dapat membutuhkan 600 BTU. Sedangkan anak kecil memerlukan 400 BTU. Selain hal tersebut, benda elektronik yang lain yang dapat menimbulkan suhu panas semisal televise terutama televisi yang memakai tabung CRT menghasilkan suhu panas yang cukup tinggi.

Selain itu, computer juga menghasilkan suhu panas yang lebih tinggi dari pada dengan notebook. Jadi, jika di dalam satu kamar atau ruangan terdapat televise, PC yang hidup, charger handphome, smartphone yang dipakai untuk bermain game, atau barang elektronik lain yang hidup, semuanya akan menimbulkan panas yang cukup besar sehingga mengakibatkan AC tidak mampu memberikan kesejukan.

Selain itu, kegiatan di dalam ruangan atau kamar yang dilakukan juga cukup berpengaruh. Jika penghuninya sedang istirahat, secara otomatis suhu udara yang dihasilkan oleh tubuhnya juga sangat rendah.

5. Pemasangan Mesin AC di Luar Ruangan Atau Kamar

Menempatkan fan atau mesin di luar kamar atau ruangan juga tidak bisa sembarangan. Seenggaknya harus menyiapkan tempat yang cukup luas supaya mesin tersebut bisa bernapas serta mempunyai aliran udara yang baik.

Apabila mesin AC outdoor ditempatkan di ruang yang sempit, maka hal tersebut sudah pasti bisa menghambat kinerjanya. Idealnya, unita AC outdoor atau mesin yang ada di luar ruangan harus mempunyai jarak minimal 60 centi meter dari tembok depan, kiri, kanan, serta atasnya.

6. Jika AC Jarang Diservis

Sebagaimana kendaraan, unit AC juga butuh untuk di service dan dibersihkan. Jika anda merasa AC di ruangan kurang dingin, sudah waktunya untuk menggunakan jasa tukang service AC untuk membersihkan serta memeriksa kondisinya. Service AC dan membersihkannya harus dilakukan minimal tiga bulan sekali.

7. Freon Bocor

Penyebab unit AC kurang dingin lainnya ialah diakibatkan freon yang bocor. Jika merasakan AC tersebut kurang dingin dalam waktu beberapa bulan, contoh dua hingga tiga bulan, maka hal tersebut wajib segera diberikan perhatian ekstra. Selain itu bisa juga dikarenakan ada kebocoran evaporator, karena kompresor yang rusak, atau sebab MCB yang bermasalah.

1 komentar:

  1. kalau unit ac central rusak apakah jasa service ac yang digunakan sama atau tidak dengan yang biasa?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Diari urepunante